-->

Pengertian Manajemen Teknologi



             Secara etimologis, akar kata teknologi adalah "techne" yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode dan seni. Istilah teknologi sendiri untuk pertama kali dipakai oleh Philips pada tahun 1706 dalam sebuah buku berjudul Teknologi: Diskripsi Tentang Seni-Seni, Khususnya Mesin (Technology: A Description Of The Arts, Especially The Mechanical) 
                                                                                                                                                                      
           Teknologi adalah keseluruhan sarana dengan teknik ilmu pengetahuan untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia ataupun dalam mencapai suatu tujuan secara Rasional,sistematis,efektif dan strategis.                                       

            Manajemen merupakan sistem dalam menempatkan perencanaan (planning),pengembangan,dan penerapan (implementasi) keahlian dalam mencapai suatu tujuan.                                                                                                         
            Manajemen teknologi merupakan Penjabaran Makna yang menghubungkan teknik, ilmu pengetahuan dan manajemen dalam menempatkan perencanaan (planning), pengembangan dan implementasi kemampuan untuk membentuk dan menyelesaikan tujuan yang diinginkan dengan tepat dan strategis .                                                                                                                                              
  Management of (new) technology links engineering, science and management disciplines to address the planning, development and implementation of technological capabilities to shape and accomplish the strategic and operational objective of an organization.                                                                                                                 
            manajemen (baru) teknologi link rekayasa, ilmu pengetahuan dan manajemen disiplin untuk mengatasi perencanaan, pengembangan dan implementasi kemampuan teknologi untuk membentuk dan mencapai tujuan strategis dan operasional dari sebuah organisasi.

 Perkembangan Teknologi

     
     Teknologi pada dasarnya sudah ada sejak jaman dahulu, yaitu pada jaman romawi kuno. dan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien dan cepat. Misalnkan Salah satunya adalah seperti perkembangan teknologi dari handphon yang dahulu masih mengunakan papan Keypad yang dengan fitur dan spesifikasi sederhana dan sekarang sudah mengunakan layar sentuh (touchscreen) dengan berbagai macam fitur spesifikasi yang lebih modern.    
            

                                                                                                                                                        
       dalam Perkembangan teknologi yang dihasilkan seperti perkembangan handphone dapat disimpulkan bahwa dari pengembangan cara-cara lama atau penemuan metode baru dalam bentuk yang paling sederhana, dalam perkembangan teknologi akan memiliki dasar klasifikasi menyelesaikan pencapaian dari berkembangan teknologi tersebut.Adapun tiga klasifikasi dasar dari Perkembangan teknologi yaitu :

 • Perkembangan teknologi yang bersifat netral (bahasa Inggris: neutral technological progress). Terjadi bila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan (input) yang sama. 
• Perkembangan teknologi yang hemat tenaga kerja (bahasa Inggris: labor-saving technological progress). Perkembangan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari kacang-kacangan sampai sepeda hingga jembatan. 
• Perkembangan teknologi yang hemat modal (bahasa Inggris: capital-saving technological progress). Fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modalnya. 
          
             Perkembangan teknologi merupakan perubahan pada suatu objeck atau alat yang bertambah banyak dan bertambah modern ataupun bertambah cangih suatu teknologi yang digunakan. Dan perkembangan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia jaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang Perkembangan manusia. Di banyak belahan masyarakat di dunia, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi, pangan, komputer, dan masih banyak lagi dengan inovasi dan invensi dapat mempercepat perkembagan teknologi.  
                                            
 Pengertian beserta Contoh dari Invensi dan Inovasi

            Dari penjabaran diatas telah disinggung mengenai inovasi dan invensi yang merupakan suatu pendorong dari berkembangnya suatu teknologi dan dari pengambilan kata diatas dapat kita berikan penjelasannya antara lain ;   
                                                                                                             
      INVENSI 

             Invensi adalah kegiatan menciptakan suatu hal yang belum pernah ada sebelumnya, hal ini berkaitan dengan penemuan baru dan hak paten. contoh Invensi dalam bidang Teknologi: Mesin jahit yang pertama kali di temukan Elias Howe kemudian oleh Isaac Singer diakui patennya dan berhasil memasarkan mesin jahit penemuan Howe tersebut. Walaupun akhirnya Singer dipaksa untuk membayar royalti ke Howe untuk semua mesin jahit yang dibuatnya, akan tetapi telah mendunia orang yang dianggap menemukan mesin jahit adalah Singer dan bukan Howe.

     INOVASI

       Dapat didefinisikan inovasi merupakan proses untuk mengembangkan suatu hal yang sudah pernah ada sebelumnya, hal ini berkaitan pembaharuan dan peningkatan fungsi. contoh Inovasi dalam bidang Teknologi: seperti halnya di atas Handphon yang dahulu masih mengunakan papan Keypad yang dengan fitur dan spesifikasi sederhana dan sekarang sudah mengunakan layar sentuh (touchscreen) dengan berbagai macam fitur spesifikasi yang lebih modern. Ataupun AC LG TERMINATOR yang memiliki kemampuan lebih untuk membunuh berbagai jenis nyamuk termasuk demam berdarah. Pendingin ruangan ini tak hanya memberi rasa sejuk yang nyaman, namun juga memberi kesehatan kepada penggunanya. Hal ini merupakan pengembangan fungsi dari AC yang biasanya digunakan untuk mendinginkan ruangan saja.

 Hubungan antara teknologi dan harga 

              Teknologi merupakan keseluruhan sarana dengan teknik ilmu pengetahuan untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia ataupun dalam mencapai suatu tujuan secara Rasional,sistematis,efektif dan strategis. Dan dari setiap teknik dari ilmu yang digunakan untuk membuat suatu teknologi yang lebih modern dan lebih cangih kita membutuhkan sarana,waktu dan kemampuan untuk memperolehnya dan sebagai penganti dari semua itu dari suatu penemuan teknlogi baru yang lebih cangih maka akan memiliki daya jual dari suatu produk atau obyek yang telah diciptakan akan memiliki daya jual yang tinggi atau dengan Harga yang tinggi ,
                 jadi semakin modern suatu barang atau alat dengan teknologi yang maju maka akan tinggi pula Harga dari Barang atau Alat tersebut,dan terkadang untuk meminimalisasi tingginya suatu harga karena penggunaan teknologi yang modern dari beberapa produsen seperti produk handpone dalam negeri menyiasati dengan menggunakan bahan baku yang relatif murah dibawah standar namun dengan fitur teknologi yang modern dapat meminimalkan nilai harganya. Dan dapat disimpulkan Bahwa semakin modern teknologi yang digunakan akan semakin mahal suatu alat atau objek yang menggunakan teknologi modern tersebut.



link: DOWNLOAD Yogawebsite.apk




muhyogads.blogspot.com
          Selalu mengucap syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kelancaran dan kemudahan dalam pembuatan artikel ini dan tak lupa Ucapan terimakasih banyak atas Referensi yang saya dapatkan dari :

 http://id.wikipedia.org 
 http://nurrahmanarif.wordpress.com
 http://burhan05934.blogspot.com 

Semoga Selalu dapat mengembangkan artikel -artikel baru yang dapat memberikan ilmu-ilmunya untuk para onliner di seluruh indonesia dan dunia hehehe... :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Manajemen Teknologi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Baca ini juga :

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel