-->

Bagaimana menghapus cache atau data aplikasi di Android

Setiap smartphone Android memiliki manajer aplikasi yang bisa Anda dapatkan melalui menu pengaturan.Biasanya berada di tingkat teratas di suatu tempat, meskipun dapat sedikit berbeda melalui telepon. Tapi begitu Anda sampai di sana, Anda berada di inti permasalahan. Di sinilah Anda dapat melihat setiap aplikasi yang terpasang di ponsel atau tablet Anda. Dan ini tempat yang berguna untuk membersihkan sedikit hal jika mereka tidak bisa menang.Inilah yang terjadi:

Menghapus cache aplikasi

Saat Anda menggunakan aplikasi, mereka mulai menyimpan file untuk referensi nanti. File-file ini disimpan dalam "cache" aplikasi. Misalnya: Saat Anda menggunakan aplikasi Android Central , aplikasi ini akan menyimpan gambar dan bagian lain dari cerita yang telah Anda baca sehingga tidak perlu diunduh setiap kali aplikasi membutuhkannya. Ini menghemat waktu dan data Anda.

Tetapi mungkin Anda ingin menghapus data cache aplikasi, baik untuk mendapatkan kembali ruang yang digunakan atau mencoba memperbaiki aplikasi yang berperilaku tidak semestinya. Di sinilah Anda dapat melakukannya. Cukup ketuk aplikasi, lalu ketuk tombol "Kosongkan cache". Anda akan menemukan bahwa tepat di halaman aplikasi di manajer aplikasi jika ponsel Anda menjalankan Android 7 atau sebelumnya, dan jika ponsel Anda menjalankan Android Oreo, Anda akan menemukannya di bawah Penyimpananpada halaman manajer aplikasi. Jika Anda tidak yakin, periksa kedua tempat dan Anda akan menemukannya.

Lain kali Anda menggunakan aplikasi ini, ia akan mengunduh semua yang dibutuhkan dari internet seperti pertama kali Anda menggunakannya. Menghapus data cache tidak menghapus data lain seperti login atau permainan yang disimpan.

Ini sering memperbaiki berbagai hal, terutama ketika aplikasi menarik kontennya dari situs web yang selalu berubah dan menambahkan lebih banyak konten. Jika ini tidak berhasil, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Hapus data aplikasi - atau atur ulang aplikasi

Menghapus data aplikasi sedikit lebih drastis. Anda menghapus cache, tetapi juga membersihkan setiap dan semua pengaturan yang sesuai dengan aplikasi itu. Anda pada dasarnya memulai aplikasi itu dari awal, dan itu akan berperilaku seperti saat pertama kali Anda menginstalnya. Ini umumnya merupakan tipe resor terakhir. Jika Anda menghapus data aplikasi, katakanlah, aplikasi Facebook, Anda harus masuk kembali. Jika Anda menghapus data pada game yang telah Anda mainkan, Anda akan kembali di awal, seolah-olah Anda tidak akan pernah memainkannya. (Dan semoga game ini benar-benar menghemat tempat Anda ke cloud.)

Selanjutnya, buka aplikasi dan masuk atau lakukan apa pun yang Anda perlukan untuk mulai menggunakannya.Tanpa data "lama" di tempat - baik pengaturan yang tersimpan atau cache - Anda pada dasarnya menjalankan aplikasi untuk pertama kalinya lagi. Lihat apakah masalah Anda teratasi dan jika demikian Anda keemasan.

Satu hal yang menyenangkan untuk dilakukan jika hal ini memperbaiki keanehan apa pun dengan aplikasi adalah membiarkan pengembang tahu.Sangat sulit untuk melacak versi dan konversi data dan semua hal lain tentang membuat dan memublikasikan aplikasi hebat dan mereka akan menghargai kepala jika Anda menemukan bug yang memengaruhi semua orang.

Kapan membersihkan cache atau data ...

Jadi kapan Anda harus membersihkan cache aplikasi secara manual?Kemungkinan Anda tidak perlu melakukannya. Tetapi jika aplikasi mulai "merasa" lamban atau mulai nakal, disinilah saya memulai. Kosongkan cache.

Dan jika suatu aplikasi benar-benar rusak - atau jika Anda hanya ingin memulainya dari awal - Anda dapat keluar semua dan menghapus datanya dan memulai dari awal. Cukup ketuk tombol "hapus data".Anda akan mendapat peringatan jika itu memang yang ingin Anda lakukan.Konfirmasikan itu, dan Anda telah mengatur ulang aplikasi untuk menggaruk.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Bagaimana menghapus cache atau data aplikasi di Android"

  1. Saat Anda menghapus data aplikasi, pada dasarnya Anda membersihkan semua data pribadi yang pernah disimpan sejak Anda menginstalnya dan menggunakannya. Dengan kata lain, menghapus data aplikasi "mengatur ulang" aplikasi kembali ke keadaan semula saat pertama kali diinstal.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Baca ini juga :

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel