-->

Cara Melindungi File, Foto, Video, & Aplikasi di Perangkat Android Anda

Jika Anda menemukan bahwa Anda meminjamkan perangkat Anda kepada anggota keluarga atau teman, Anda mungkin ingin melindungi file dan aplikasi yang dilindungi kata sandi di perangkat Anda untuk mencegah mereka mencongkel file pribadi Anda atau membuka aplikasi pribadi Anda.

Sayangnya, tidak ada cara bawaan untuk melindungi foto, video, aplikasi, dan file Anda di perangkat Android. Tetapi Anda dapat menggunakan aplikasi untuk melakukan ini.Hari ini, kami akan menunjukkan cara menggunakan aplikasi "Foto Pribadi, Pengunci Video " gratis (juga disebut "Kalkulator") untuk melindungi file dan aplikasi kata sandi di perangkat Android Anda.

Setel Kata Sandi Aplikasi

Ketika aplikasi terbuka, Anda akan diminta untuk mengatur kata sandi aplikasi. Ketuk " OK " untuk menutup kotak dialog. Kemudian masukkan kata sandi menggunakan Kalkulator sekali, dan kemudian lagi ketika ditanya.

Setel Email Pemulihan

Selanjutnya, Anda diminta untuk memasukkan " Email pemulihan ". Ketik alamat email yang ingin Anda gunakan untuk memulihkan kata sandi Anda jika Anda lupa, atau ketuk email di daftar "Email terdaftar ".

Ketuk tanda centang setelah selesai.

Kata Sandi Lindungi Foto & Video

Anda dapat melindungi kata sandi foto dan video dengan menyembunyikannya di aplikasi Kalkulator. Kami akan menunjukkan cara melindungi kata sandi pada foto, tetapi prosedurnya sangat mirip untuk video. Kami akan menunjukkan perbedaannya.

Tambahkan Foto Untuk Dilindungi

Untuk menambahkan foto yang akan dilindungi di aplikasi, ketuk folder " Gambar " pada layar " Vault ". Jika Anda menambahkan video, ketuk folder " Video ".

Ketuk tombol plus di sudut kanan bawah layar.

Kemudian, ketuk " Sembunyikan Foto " pada kotak dialog " Impor File ". Jika Anda menambahkan video, ketuk " Sembunyikan Video ".

Aplikasi ini menemukan album di penyimpanan internal perangkat Anda dan di kartu SD Anda, jika ada di perangkat Anda.Ketuk album yang berisi foto yang ingin Anda lindungi.

Kunci Gambar

Album terbuka dan semua foto di layar album.Ketuk foto yang ingin Anda lindungi. Untuk memilih semua foto di album saat ini, ketuk ikon tanda centang ganda.

Untuk melindungi foto yang dipilih, ketuk ikon kunci.

Hapus File Asli Dari Kartu SD

Jika foto yang Anda lindungi berada di kartu SD, Anda harus memberi izin kepada aplikasi untuk pertama kali menghapus file dari perangkat Anda. Ketuk " Set " pada kotak dialog " Hapus File Asli " dan pilih akar kartu SD Anda.

Unprotect Images

Untuk membuka proteksi foto yang telah Anda tambahkan ke aplikasi, buka folder " Gambar " lagi di layar " Vault " di aplikasi. Kemudian, ketuk tombol edit.

Untuk memilih foto tertentu untuk membuka proteksi, ketuk pada mereka. Untuk membuka proteksi semua foto dalam folder " Gambar ", ketuk ikon tanda centang ganda.

Kemudian, ketuk ikon buka kunci untuk membuka proteksi foto.

Pilih Lokasi Untuk File Yang Tidak Diproteksi

Foto yang Anda pilih untuk membuka proteksi akan disalin ke lokasi lain di perangkat Anda.Pada kotak dialog “ Choose Unhide Folder ”, pilih lokasi yang ingin Anda gunakan.

Setelah foto-foto itu disalin ke folder unhide, foto-foto itu dihapus dari folder " Pictures " di aplikasi.

Sandi Lindungi File Dari Jenis Lain

Anda juga dapat kata sandi melindungi file dari jenis lain, seperti file teks atau dokumen (file Word atau PDF, misalnya).

Tambahkan File Untuk Dilindungi

Untuk melindungi kata sandi file jenis lain, buka aplikasi dan ketuk folder " File " pada layar " Vault ".

Ketuk tombol plus di sudut kanan bawah layar untuk menambahkan file.

Pada kotak dialog " Impor File ", ketuk " File Lain ".

Pilih Lokasi File Yang Akan Dilindungi

Menu " Buka Dari " ditampilkan, memungkinkan Anda memilih dari penyimpanan internal, kartu SD, atau opsi atau aplikasi penyimpanan lainnya. Pilih lokasi tempat file yang ingin Anda lindungi disimpan.

Ketuk folder tempat file Anda berada.

Pilih File yang Akan Dilindungi

Untuk memilih file, ketuk dan tahan sampai Anda melihat tanda centang. Anda hanya dapat memilih satu file dalam satu waktu.

Setelah Anda memilih file Anda, ketuk " Buka ".

Berikan Izin Untuk Menghapus File Dari Kartu SD

Jika file yang Anda lindungi berada di kartu SD, Anda harus memberikan izin aplikasi untuk menghapus file. Ketuk " Set " pada kotak dialog " Hapus File Asli " dan pilih akar kartu SD Anda.

File yang dipilih ditambahkan ke folder " File " di aplikasi dan dihapus dari lokasi aslinya.Ulangi proses di bagian ini untuk setiap file yang ingin Anda tambahkan.

Unprotect File

Untuk membuka proteksi file yang Anda tambahkan ke folder " File ", buka aplikasi, masukkan kata sandi Anda, dan ketuk pada folder " File ". Kemudian, ketuk tombol edit.

Untuk memilih file tertentu untuk membuka proteksi, ketuk di atasnya. Anda dapat memilih banyak file.

Untuk memilih semua file dalam folder " File ", ketuk ikon tanda centang ganda.

Untuk membuka proteksi file yang dipilih, ketuk ikon buka kunci.

File yang Anda pilih untuk membuka proteksi akan disalin ke lokasi lain di perangkat Anda.Pada kotak dialog “ Choose Unhide Folder ”, pilih lokasi yang ingin Anda gunakan.

Setelah file-file tersebut disalin ke folder unhide, file-file tersebut dihapus dari folder " File " di aplikasi.

Aplikasi Lindungi Kata Sandi

Aplikasi Kalkulator juga memungkinkan Anda untuk melindungi aplikasi kata sandi. Jika orang lain menggunakan ponsel Anda, Anda dapat yakin bahwa mereka tidak akan dapat membuka aplikasi yang telah Anda kunci.

Buka Kunci Aplikasi

Untuk melindungi aplikasi kata sandi, buka aplikasi Kalkulator dan ketuk tombol menu.

Ketuk " Kunci Aplikasi " pada menu pop-up.

Setel Izin Untuk Kunci Aplikasi

Saat pertama kali Anda membuka fitur Kunci Aplikasi di aplikasi ini, Anda akan melihat kotak dialog “ Permintaan Izin ”. Ketuk " Buka Pengaturan ".

Layar " Akses Data Penggunaan " di aplikasi " Pengaturan " terbuka. Ketuk " Kalkulator ".

Ketuk tombol slider " Izinkan pelacakan penggunaan " sehingga berubah menjadi biru.Lalu, ketuk panah kembali.

Anda harus kembali ke aplikasi Kalkulator.Jika tidak, gunakan tombol kembali pada perangkat Anda untuk kembali ke aplikasi atau membuka aplikasi lagi.

Kunci Aplikasi

Setelah Anda mengizinkan pelacakan penggunaan untuk aplikasi Kalkulator, Anda akan melihat daftar aplikasi pada layar " Aplikasi " di aplikasi. Untuk mengunci aplikasi, ketuk ikon kunci di sebelah kanan aplikasi itu.Anda dapat mengunci banyak aplikasi yang Anda inginkan.

Aplikasi terkunci ditandai dengan ikon kunci baca. Untuk membuka kunci aplikasi, cukup ketuk ikon kunci merah sehingga berubah menjadi abu-abu dan menampilkan tidak terkunci.

Sekarang, ketika Anda membuka aplikasi apa pun yang Anda kunci, masukkan kata sandi yang Anda terapkan ke aplikasi Kalkulator untuk membuka aplikasi.

Cegah Aplikasi Kalkulator Agar Tidak Terjadi Pemasangan

Anda dapat mencegah orang lain mencopot pemasangan aplikasi Kalkulator saat mereka menggunakan perangkat Anda. Jika Anda melihat kotak dialog " Pengingat Keamanan " saat membuka aplikasi atau ketika Anda beralih kembali ke aplikasi, ketuk " Pengaturan" pada kotak dialog.

Jika Anda tidak melihat kotak dialog " Pengingat Keamanan ", Anda masih bisa mengaktifkan pengaturan " Perlindungan Aplikasi Kalkulator ". Pada layar " Vault ", ketuk ikon pengaturan (roda gigi) di sudut kanan atas kotak dialog

Ketuk " Perlindungan Aplikasi Kalkulator ".

Kemudian pilih tombol penggeser “ Mulai Perlindungan ”.

Pilih " Aktifkan " pada kotak dialog " Administrator perangkat ".

Akhirnya, ketuk panah kembali dua kali untuk kembali ke aplikasi.

Sekarang, siapa pun yang menggunakan perangkat Anda tidak akan dapat mencopot pemasangan aplikasi Kalkulator dan mengakses file Anda yang dilindungi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Melindungi File, Foto, Video, & Aplikasi di Perangkat Android Anda"

  1. Positive site, where did u come up with the information on this posting? I'm pleased I discovered it though, ill be checking back soon to find out what additional posts you include. zip file opener

    ReplyDelete
  2. The file extension RAR is a proprietary format which indicates an archive file which has been modified by using WinRAR application. RAR files can be viewed and edited in the WinRAR program. The files having file extension DAT are typically related with data as the name would suggest. It might be just about anything graphic, text or normal binary data. zip file opener

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Baca ini juga :

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel